Sembilan Orang Ini Rumuskan Materi Debat Ma’ruf Amin-Sandiaga Uno

  • Whatsapp
fbr siap menangkan jokowi maruf amin jokowi menghadiri penetapan paslon terpilih
Foto: Doc Pri

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar Focus Group Discussion (FGD) dan rapat perdana persiapan debat ketiga calon wakil presiden (cawapres) KH Ma’ruf Amin dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Focus Group Discussion akan berlangsung siang ini di Hotel Sultan, Jakarta. “Mengundang sembilan panelis dan teman-teman NGO, tokoh masyarakat yang bergerak di lima tema itu. Moderator juga kita undang,” kata Ketua KPU, Arief Budiman di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/03/19).

Bacaan Lainnya

Menurut Arief, materi debat untuk mengurai lima tema, yakni pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya sampai saat ini belum dirumuskan.Dia menegaskan sembilan panelis yang ditunjuk KPU yang nantinya bertugas untuk merumuskan.
Biasanya setelah kegiatan FGD, lanjut dia, para panelis akan bertemu untuk merumuskan materi debat sesuai bidangnya masing-masing. Namun yang pasti, para panelis seperti biasa akan meneken pakta integritas.

Menurut Arief, dari keseluruhan teknis debat, menurut dia, perubahan hanya terjadi di soal pengurangan tamu undangan untuk dua tim pasangan calon.

“Dikurangi 75-75 untuk masing-masing pendukung pasangan calon. KPU akan undang 300 undangan. Jadi 450. Total berkurang dari pendukung sebelumnya,” ujarnya.

Berikut sembilan panelis yang ditunjuk KPU untuk menyiapkan materi debat ketiga:

1. Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar periode 2018-2022, Guru Besar Sosiologi Unhas

2. Prof Dr Chairil Effendy MS, Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak Periode 2007- 2011. Profesor Sastra Untan (bidang sastra Nusantara, pegiat budaya )

3. Prof Dr Ir Samsul Rizal M Eng, Rektor Unsyiah Periode 2018-2022 (periode kedua).

4. Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof KH Yudian Wahyudi .

5. Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, Prof. Subhilhar, MA, Ph.D

6. Sastrawan dan budayawan, Radhar Panca Dahana

7. Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah

8. Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia (MKKI periode 2018-2021) yang juga dosen Universitas Airlangga, Prof Dr David S Perdanakusuma dr Sp BP-RE(K)

9. Rektor Universitas Diponegoro periode 2019-2024, Prof H Yos Johan Utama SH M Hum


PENULIS: Tim Redaksi
SUMBER: Sindonews.com

Pos terkait