Sepekan Razia Patuh Seulawah di Lhokseumawe, Ini Total Kendaraan Ditilang

  • Whatsapp
Anggota Satlantas Polres Lhokseumawe melakukan razia Operasi Patuh Seulawah 2020 di Kota Lhokseumawe. Kanal Inspirasi/Rahmat Mirza

LHOKSEUMAWE – Memasuki sepekan kasus pelanggaran lalu lintas saat operasi Patuh Seulawah 2020 di Kota Lhokseumawe, masih tergolong tinggi.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto melalui Kasat Lantas Polres Lhokseumawe, AKP Radhika Angga Rista mengatakan, ini hari ke 7 pelaksanaan Operasi Patuh Seulawah 2020, kami dari Satlantas Polres Lhokseumawe, telah mengeluarkan surat tilang terhadap 350 pelanggar lalu lintas.

Bacaan Lainnya

AKP Radhika menjelaskan pelanggaran ini didominasi pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm dan juga banyak pengendara yang tidak bisa memperlihatkan dokumen, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Dalam operasi ini, katanya, polisi telah menahan sedikitnya 30 unit sepeda motor karena pemiliknya tidak bisa menunjukkan bukti kepemilikan.

Bila pemilik lupa membawa atau tidak bisa menunjukan bukti kepemilikan dokumen maka kendaraannya akan kita tahan dan bila pemilik ingin menukar barang bukti kenderaan yang diamankan oleh petugas Satlantas, maka wajib membawa dan menunjukkan dokumen surat ke petugas.

“Contoh misalnya si pengendara lupa membawa surat kepemilikan kenderaan, itu pasti unitnya kita tahan. Nah kemudian si pemelik lalu pulang dan mengambil dokumen untuk diperlihatkan dan meminta menukar dengan kenderaan yang ditahan itu akan dibantu oleh petugas,” kata AKP Radhika kepada para Jurnalis di Lhokseumawe, Rabu (29/7).

Kasat Lantas AKP Radhika Angga Rista. Kanal Inspirasi/Rahmat Mirza

Rhadika juga untuk menekan tingginya angka pelanggaran ini, pihaknya akan terus meningkatkan razia hingga berakhir Ops Patuh Seulawah 2020 yaitu pada tanggal 5 Agustus 2020.

Beberapa lokasi yang memiliki tingkat kepadatan berlalu-lintas menjadi prioritas polisi dalam melaksanakan operasi. Petugas juga akan melakukan penindakan ketika sedang hunting di titik rawan padat Lalulintas.

“Kami akan memberikan tindakan tegas, karena tujuan dari operasi ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, dan kita juga akan membiasakan pengendara dalam Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) untuk patuh dan tertib berlalu-lintas,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan membagikan kupon berhadiah untuk warga atau pengendara yang patuh aturan lalu lintas. ”Kupon berhadiah ini dibagikan khusus untuk pengguna roda dua, apabila melengkapi identitas diri seperti SIM dan STNK serta menggunakan helm dan masker saat berkendara,” ujar Kasat Lantas.

Katanya, ini sebagai bentuk edukasi penyadaran masyarakat, pemberian kupon hadiah tersebut juga dimaksudkan untuk mengajak masyarakat mematuhi aturan berlalulintas dan menekan angka pelanggaran.

“Kita akan undi pada hari terakhir pelaksanaan Operasi Patuh Seulawah 2020, bagi yang beruntug akan mendapatkan hadiah kulkas,” pungkas AKP Radhika. []

Pos terkait