Sidak RSJ Aceh, Komisi V Temukan Makanan Pasien Tidak Higienis

  • Bagikan

Kanalinspirasi.com, Banda Aceh – Komisi V DPR Aceh yang membidangi kesehatan melakukan sidak ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh, Sabtu (12/11).

Di sana, mereka menemukan makanan bagi pasien yang tidak higienis.

Ketua Komisi V DPRA, M Rizal Fahlevi Kirani mengaku kaget saat melihat asupan makanan bagi pasien ODGJ di rumah sakit itu.

Makanan yang disajikan oleh pihak ketiga atau catering di RS itu tidak sesuai dengan yang direkomendasikan oleh dokter.

“Kita melihat tadi ada beberapa makanan yang tidak sesuai dengan yang direkomendasi oleh dokter, temuan kita tadi kehigienisannya tidak ada,” kata Fahlevi.

Untuk itu, pihaknya meminta agar Pemerintah Aceh untuk serius menempatkan pelaku usaha makanan di RSJ. Apalagi dapur makanan di lokasi itu juga tidak mendukung.

“Karena ini kerjasama dengan pihak ketiga, jadi ini tidak professional ini menjadi catatan dengan kita. Kita minta Pemerintah Aceh harus serius memenangkan tender itu, jadi betu-betul harus higienis, dapurnya juga harus mendukung,” ucapnya.

Sebelumnya, kata Fahlevi, informasi soal tidak higienisnya makanan di RSJ itu sudah lama diketahui pihaknya melalui informasi dari dokter yang merawat pasien di RSJ.

Sehingga, pihaknya melakukan sidak untuk mengkonfirmasi informasi itu. Ternyata informasi yang disampaikan ke pihaknya ternyata benar.

“Padahal ini sudah beberapa kali dingatkan oleh dokter untuk menjaga kehigienisan makanan, tapi sepertinya dihiraukan,” ucapnya.  Ia meminta pihak terkait mengevaluasi catering yang menjadi penyuplai makanan di RSJ tersebut.

  • Bagikan