Simak Manfaat Berjalan Telanjang Kaki

  • Whatsapp
Ilustrasi. Foto : vivobarefoot.com

JAKARTA – Seberapa sering Anda berjalan tanpa alas kaki? Ada banyak manfaat berjalan tanpa alas kaki, salah satunya bisa berjalan sesuai dengan pola alami kaki tanpa dibantu sandal atau sepatu yang telah didesain khusus.

Sementara memakai sepatu atau sandal dengan bantalan tertentu bisa membuat beberapa bagian otot di kaki tidak bekerja maksimal. Padahal, salah satu manfaat jalan kaki adalah memastikan seluruh otot kaki dan sekitarnya bekerja sehingga dapat lebih kuat menopang tubuh.

Beberapa manfaat dari berjalan tanpa alas kaki dapat lebih bisa mengendalikan posisi kaki saat menyentuh tanah langsung, menjaga keseimbangan lebih baik, meningkatkan kesadaran terhadap kinerja tubuh sehingga meredakan rasa nyeri, mekanisme gerakan kaki, lutut, pinggang, hingga otot perut lebih optimal dan gerakan sekitar kaki dan pergelangan lebih stabil. Selain itu, manfaat lainnya adalah bebas dari tekanan sepatu yang kurang pas ukurannya, serta otot kaki lebih kuat dan bisa menopang punggung bagian bawah

Meskipun ada banyak manfaat jalan kaki untuk kesehatan, perlu diingat bahwa tidak semua tempat memungkinkan untuk berjalan tanpa alas kaki. Ada banyak kondisi yang meningkatkan kemungkinan mengalami cedera saat berjalan tanpa alas kaki di luar ruangan. Jadi, jika ingin mencoba latihan berjalan tanpa alas kaki di luar ruangan, pastikan tidak ada benda berbahaya seperti kaca atau benda tajam lainnya. Tak hanya itu, berjalan tanpa alas kaki juga bisa memberi akses masuknya bakteri berbahaya penyebab infeksi. Begitu juga penderita diabetes yang memiliki masalah neuropati periferal juga sebaiknya sangat berhati-hati sebelum berjalan tanpa alas kaki. Sangat mungkin mereka terkena benda tajam dan mengalami cedera namun tidak merasakan karena masalah saraf (neuropati) tersebut.

Pos terkait