Sosialisasikan GERMAS, Dinkes Aceh Besar Bertemu Kepala Sekolah se Aceh Besar

  • Bagikan
Plt. Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar, Neli Ulfiati saat membuka pertemuan sosialisasi Germas pada institusi pendidikan, di Station Coffee, Aceh Besar, Kamis, 29/9/22.

Kanalinspirasi.com, ACEH BESAR – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan sebuah program pemerintah untuk meningkatkan kualitas masyarakat untuk hidup sehat. Dengan tujuan menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular baik kesakitan, kecacatan maupun kematian, sehingga melalui Germas ini, diharapkan masyarakat dapat mempraktekkan pola hidup sehat, agar terciptanya lingkungan yang sehat dan bersih di berbagai tatanan, salah satunya institusi pendidikan/sekolah.

Begitu penjelasan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar, Neli Ulfiati saat membuka pertemuan sosialisasi Germas pada institusi pendidikan, di Station Coffee, Aceh Besar, Kamis, 29/9/22.

“Dunia pendidikan memiliki poeran besar dalam menyukseskan Germas, apalagi peserta didik yang saat ini akan menjadi generasi penerus kedepan paham agar bias menjaga kesehatan mereka untuk terhindar dari berbagai penyakit, khususnya yang tidak menular yang sekarang sedang marak, yaitu hipertensi, stroke, gagal jantung, gagal Ginjal, hingga diabetes yang bahkan sudah mulai diderita oleh anak-anak akhir – akhir ini,” jelas Neli.

Neli juga menambahkan, bahwa sekolah merupakan rumah kedua bagi anak-anak, sehingga lingkungan sekolah dirasa sangat perlu untuk dilakukan pembinaan maupun sosialisasi, khususnya di Unit Kesehatan Sekolah.

“Jajanan yang bersih dan sehat, juga tidak luput dari perhatian kita, maupun kebersihan lingkungan sekolah, seperti kamar mandi, kantin juga harus benar-benar dijaga kebersihannya, dan itu merupakan salah satu bagian dari peran UKS-UKS yang ada di sekolah,” tuturnya.

Kemudian sambung Neli, pihaknya juga menekankan kepada UKS untuk tetap menjalankan tri program (Trias UKS) yaitu Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Sekolah.

“Kami terus memantau perkembangan Trias UKS di sekolah-sekolah se Aceh Besar agar tetap berjalan sesuai prosedurnya, agar terciptanya dunia pendidikan anak kita saat ini, dimana mereka adalah agen perubahan yang menjadi harapan kita nanti menjadi penerus yang sehat dan siap bersaing dalam bidang apapun,” tutup Neli.

Pertemuan ini diikuti oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh Besar, Kemenag Aceh Besar, Ketua PGRI Aceh Besar, dan seluruh kepala sekolah tingkat menengah dan atas sederajat se kabupaten Aceh Besar, yang dilaksanakan selama 2 hari.(*)

  • Bagikan