Tawarkan Proyek Fiktif di RSJ, Pria Bireuen diamankan Satreskrim Polresta Banda Aceh

  • Whatsapp
penipuan proyek fiktif
Tersangka Kasus Penipuan Proyek Fiktif. Foto: Ist

BANDA ACEH –  Polisi mengamankan Ridwan Abdullah (51) warga Uteun Rungkom, Kecamatan Peulimbang, Kabupaten Bireuen, atas tindakan penipuan proyek fiktif. Pelaku ditangkap di kawasan Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Kamis (5/9) dini hari oleh Unit Pidum Sat Reskrim Polresta Banda Aceh.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH melalui Kasat Reskrim AKP. M. Taufiq, SIK, mengatakan, pelaku berhasil mengelabui Marwan Efendi, warga desa Kemili Kabupaten Bebesen, Aceh Tengah, di sebuah warung kopi dikawasan Kuta Alam Banda Aceh, Selasa (4/9/). Pelaku menjanjikan pekerjaan dalam bentuk penunjukan langsung atau lebih dikenal dengan PL.

Bacaan Lainnya

“Pelaku menjanjikan pekerjaan secara penunjukan langsung kepada korban di Rumah Sakit Jiwa Banda Aceh dan Dinas Disperindag Aceh,” jelas Kasat Reskrim.

AKP. M. Taufiq menjelaskan, pelaku dan korban bertemu di sebuah warung kopi di kawasan Kuta Alam, Banda Aceh melakukan pertemuan dengan menjanjikan proyek di Rumah Sakit Jiwa Banda Aceh dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh. Pelaku meminta uang pelicin sebesar 150 juta rupiah untuk membeli paket kepada panitia. Namun kemudian korban mengetahui proyek tersebut fiktif.

“Setelah ditunggu kabar oleh korban, ternyata proyek yang dijanjikan oleh pelaku kepada korban adalah proyek fiktif, korban melaporkan tindak pidana penipuan kepada Kepolisian Resor Kota Banda Aceh,” lanjutnya.

Dengan Laporan Polisi Nomor LP. B/ 169 / IV /YAN.2.5/2019/SPKT, tanggal 04 April 2019 yang dilaporkan oleh korban, polisi mengamankan pelaku.

“Polisi telah meminta keterangan saksi-saksi dalam perkara ini. Pelaku dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman kurungan selama empat tahun penjara,” pungkas AKP. M. Taufiq. (*)

Pos terkait