Terjadi Penembakan di Luar Gedung Putih

  • Whatsapp
donald trump
Gedung Putih. Foto : Reuters

JAKARTA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendadak dievakuasi dari Gedung Putih di tengah konferensi pers pada Senin (10/8). Hal itu dilakukan setelah adanya penembakan di luar Gedung Putih.

“Ada penembakan di luar Gedung Putih dan tampaknya terkendali dengan sangat baik. Saya ingin berterima kasih kepada Dinas Rahasia karena melakukan pekerjaan mereka yang selalu cepat dan sangat efektif,” kata Trump saat kembali ke ruang konferensi pers.

Bacaan Lainnya

Namun, tak lama setelah ia kembali ke hadapan media, Dinas Rahasia AS menuliskan cuitan lewat Twitter. Dalam cuitannya, Dinas Rahasia mengonfirmasi ada penembakan di dekat Gedung Putih.

“Dinas Rahasia dapat mengonfirmasi telah ada seorang petugas yang terlibat penembakan di 17th Street dan Pennsylvania Avenue. Petugas penegak hukum ada di tempat kejadian,” tulis Dinas Rahasia AS dalam cuitannya.

Trump tidak mengucapkan kata-kata ketika petugas keamanan masuk ke ruangan dan memintanya untuk meninggalkan area tersebut.

“Keluarlah,” kata seorang agen.

“Oh,” ujar Trump tak lama sebelum meninggalkan ruangan.

Ketika kembali ke hadapan media, Trump mengatakan telah dibawa ke Oval Office saat dievakuasi.

“Saya merasa sangat aman dengan pengawalan Agen Rahasia. Mereka orang-orang hebat. Mereka yang terbaik dari yang terbaik. Mereka sangat terlatih,” kata Trump di hadapan media.

“Mereka hanya ingin saya menyelamatkan diri sebentar untuk memastikan bahwa semuanya terkendali di luar (Gedung Putih),” kata Trump.

Seorang pejabat senior Gedung Putih mengatakan ada penembak yang melepaskan tembakan di sana. Penembak telah ditahan oleh pihak kepolisian.

Dilansir dari CNN, insiden penembakan itu terjadi tepat di luar halaman Gedung Putih dekat Lafayette Square. Trump memastikan kepada petugas keamanan tidak ada fasilitas di Gedung Putih yang dirusak oleh pelaku.

“Saya bertanya apakah ada pengrusakan yang dilakukan pelaku. Saya tidak berpikir orang itu melanggar apa pun,” katanya.

Pos terkait