Tiba di Sukma Bangsa Bireuen, Jokowi Sempatkan Mengaduk Kuah Beulangong khas Aceh

  • Whatsapp
jokowi di sukma bangsa
Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo mengaduk Kuah Khas Aceh “Kuah Belangong” pada acara Kenduri Kebangsaan di Bireuen, Aceh, Sabtu (22/2). Foto : Rahmat Mirza - Kanalinspirasi.com

BIREUEN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Kenduri Kebangsaan yang di gelar oleh Yayasan Sukma Bangsa dan Forum Bersama (Forbes) Anggota DPR dan DPD RI asal Aceh yang berslogan #DariAcehUntukIndonesia bertempat di Sekolah Sukma Bangsa, Bireuen, Provinsi Aceh, Sabtu (22/2).

Saat tiba di acara kenduri Kebangsaan, dalam perjalanan ke panggung utama Jokowi singgah di lokasi masak Kuah Beulangong yakni masakan kari daging sapi khas Aceh, para koki yang sedang memasak pun mendekat ke Presiden.

Bacaan Lainnya

Presiden bertanya apa itu sambil melihat ke arah belanga yang berisi daging dan kuah, para koki pun menjawab Kuah Beulangong.

Jokowi bertanya lagi apa itu Kuah Beulangong, Surya Paloh yang mendampinginya langsung menjawab, menu khas Aceh dimasak dalam belanga besar, orang Aceh menyebutkan masakan Kuah Beulangong sebagai masakan khas Aceh.

Jokowi, sempat mencoba mengaduk masakan olahan daging sapi yang dimasak dalam sebuah beulangong alias belanga berukuran besar tersebut dengan sendok sayur besar bergagang panjang. Kuah Beulangon yang dimasak oleh 20 warga gampong setempat bisa menghasilkan 200 porsi dan memakan waktu sekitar dua jam.

Usai mengaduk Kuah Beulangong, Jokowi langsung menuju ke panggung utama Kenduri Kebangsaan.

Kenduri Kebangsaan tersebut digelar dalam rangka membangun semangat keindonesiaan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Hadir dalam acara tersebut di antaranya Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Wali Nanggroe Malik Mahmud Al Haytar, Pembina Yayasan Sukma Bangsa Surya Paloh, serta sejumlah ulama dan anggota MPR, DPR, DPD RI asal Aceh, Bupati, Wali Kota se-Aceh dan Pimpinan BUMN, dan Tokoh Aceh. []

Pos terkait