Tiga Kabupaten di Aceh Nihil Korban Covid-19

  • Whatsapp
pmi indonesia ke aceh
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Aceh Saifullah Abdulgani. Foto : Ist

Kasus Corona Mencapai 410 Orang

BANDA ACEH – Sebanyak tiga kabupaten di Provinsi Aceh dilaporkan nihil korban infeksi virus corona, yakni Kabupaten Pidie Jaya, Singkil dan Nagan Raya, sedangkan di 20 kabupaten/kota lain sudah tersebar Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), berdasarkan catatan tim gugus tugas percepatan Covid-19 sebanyak 410 orang dinyakatakan positif sejak wabah ini menyerang provinsi paling ujung sumatera ini.

Bacaan Lainnya

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG) melalui siaran pers yang dikirim kepada awak media, Minggu ((2/8). Menyebutkan berdasarkan catatan dari tim penanganan covid-19 di Aceh, sebanyak tiga kabupaten terbebas dari corona, yakni Pidie Jaya, Nagan Raya dan Aceh Singkil.

Ia menambahkan, frekwensi kasus Covid-19 di seluruh Aceh, yakni Banda Aceh sebanyak 120 orang, disusul Aceh Besar 79 orang, Bener Meriah 34 orang, Aceh Tamiang 33 orang, Bireuen 21 orang, Lhokseumawe 20 orang, Aceh Barat Daya 19 orang, Aceh selatan 18 orang, dan Aceh Utara sebanyak 11 orang.

Selanjutnya, Aceh Tengah dan Kota Langsa masing-masing 8 orang, Pidei 5 orang, Aceh Barat 4 orang, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Simeulue masing-masing 3 orang, Gayo Luwes dan Kota, Sabang masing-masing 2 orang, Aceh Jaya dan Subulussalam masing-masing 1 orang. Sisanya, 14 orang dari luar daerah Aceh, dan 1 orang dari luar negeri.

“Aceh Singkil, Nagan Raya, dan Pidie Jaya, hendaknya mempertahankan status nihil korban Covid-19, dan kabupaten/kota yang telah ada kasus harus bekerja keras menekan angka penularanya agar tidak jatuh korban selanjutnya,” harapnya.

Stop Hoax

SAG Juga, menyesalkan masih banyak informasi palsu (hoax) di seputar virus corona yang beredar masif di tengah masyarakat. Berita hoax dibagi secara berantai dan melampaui kuantitas informasi dari otoritas resmi, informasi hoax ini harus di stop tidak boleh lagi beredar.

Sebab, banyak masyarakat yang termakan hoax cenderung abai pada protokol kesehatan yang dianjurkan. sehinhgga korban virus asal Tiongkok itu terus berjatuhan, saat ini banyak korban virus corona, penyebab Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), kian banyak di Aceh. Kasus Covid-19 sudah mencapai 410 orang, dan 13 orang di antaranya meninggal dunia, per 1 Agustus 2020.

Mari sama-sama kita jaga dan mawas diri untuk memutuskan mata rantai covid-19 dan selalu jaga jarak, cuci tangan pakai saban tutup mulut dan hidung dengan maskes saat sedang berada di luar rumah.(mhd)

Pos terkait