Tiga Pemanah Aceh Ikut Seleknas SEA Games 2021

  • Whatsapp
atlet panahan aceh
Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Perpani Aceh, Dr Nyak Amir M.Pd. Foto : Ist

BANDA ACEH – Tiga atlet panahan Aceh dipanggil Pengurus Besar Perkumpulan Panahan Indonesia (PB Perpani) mengikuti seleksi nasional (Seleknas) untuk masuk pemusatan latihan nasional (Pelatnas) menghadapi SEA Games 2021.

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Perpani Aceh, Dr Nyak Amir M.Pd kepada wartawan di Banda Aceh, Selasa (13/10) menyebutkan, sesuai surat PB Perpani nomor 312 tertanggal 13 Oktober 2020, tiga atlet Aceh yang diundang mengikuti Seleknas yang dilaksanakan secara virtual 20 – 21 Oktober 2020 terdiri dari dua putra yaitu Dhia Rahmad nomor atau divisi recurve, Muhammad Mondir divisi compound dan seorang pemanah putri yakni Munawarah divisi compound.

Bacaan Lainnya

Dalam surat yang ditandatangani langsung Ketua Umum PB Perpani, Illiza Sa’aduddin Djamal, disebutkan, Seleknas virtual meliputi tes scoring, mental kepribadian dan tes antropometri.

Ia mengatakan, atlet yang dipanggil Seleknas merupakan 10 besar hasil Pra PON 2019 di Jakarta yakni divisi recurve terdiri dari 10 putra dan 10 putri. Divisi compound juga 10 putra, 10 putri dan ditambah empat atlet SEA Games sebelumnya. “Semuanya berjumlahnya 44 atlet yang dipanggil mengikuti Seleknas,” ujar Nyak  Amir yang juga Sekjen PB Perpani.

Ia menjelaskan, prestasi terakhir atlet Aceh Dhia rangking 7 Pra PON divisi recurve putra, mondir rangking 5 divisi compound putra, dan Munawarah rangking 7 divisi compound putri.

Ketiga atlet itu, katanya, selama ini menjalani pemusatan latihan daerah (Pelatda) yang dilaksanakan KONI Aceh untuk menghadapi PON XX/2021 di Papua.

Disebutkannya, sesuai surat PB Perpani atlet yang akan direkrut dari Seleknas untuk masuk Pelatnas SEA Games yakni divisi compound 6  putra dan 6 putri, recurve 2 putra serta 2 putri.

“Hari ini, Selasa (13/10) kita sudah intruksikan ke pelatih untuk mempersiapkan dengan sebaik mungkin dari lapangan dan perangkat IT, wasit dan score untuk mendukung proses seleksi,” ujar doktor di bidang olahraga ini.

Ia berharap proses waktu, kondisi atlet, cuaca, informasi tehnologi dan lapangan betul-betul dalam kondisi baik. “Kami lihat atlet yang dipanggil scorenya hampir mendekati sama.  Mulai besok, Rabu (14/10) atlet sudah melakukan simulasi tes memanah dengan penilaian secara virtual. Kita berharap ada atlet Aceh yang masuk Pelatnas SEA Games, dari 3 atlet yang dipanggil, mudah-mudahan bisa dua atlet bisa masuk Pelatnas, ” katanya. (rel)

Pos terkait