Tips Meningkatkan Produksi ASI Secara Alami dan Aman

  • Whatsapp
produksi asi
Ilustrasi Air Susu Ibu (ASI). Foto: Doc Pri

KANALINSPIRASI.COM – Pernahkah Anda khawatir tentang produksi ASI Anda? Emak-emak baru tentu sering merasa mengkhawatirkan dengan produksi ASI mereka. Alasannya takut tidak menghasilkan susu yang cukup untuk buah hatinya.

Mayoritas wanita mengalami masalah ini. Menyusui anak tentu bukan tugas mudah, terutama ketika ASI menjadi satu-satunya sumber nutrisi bayi. Dan dalam durasi itu, tentu membutuhkan asupan yang mampu mencukupi kebutuhan gizi dan lapar sang bayi.

Tak perlu khawatir. Seperti dilansir Times Of India, ada beberapa cara yang bisa Anda coba di rumah untuk menambah persediaan ASI. Berikut ulasannya;

1. Fenugreek Biji fenugreek merupakan sumber phytoestrogen yang baik dan memiliki sifat galactagogue yang membantu ibu menyusui. Ini adalah salah satu bahan terbaik untuk meningkatkan pasokan ASI.

Bahan: 1 sendok teh biji fenugreek, 1 cangkir air dan madu secukupnya.

Cara memilikinya: Tambahkan biji fenugreek ke dalam secangkir air dan rebuslah. Buang bijinya dan biarkan dingin selama beberapa saat. Ketika cukup hangat untuk diminum, tambahkan sedikit madu dan mengkonsumsinya tiga kali sehari.

2. Biji adas
Biji adas meningkatkan galactagogue ibu menyusui. Benih membantu meningkatkan produksi ASI. Bahan: 1 sendok teh biji adas, 1 cangkir air panas.

Cara membuat: Tambahkan biji adas ke dalam air dan rebuslah. Saring setelah beberapa menit dan biarkan teh mendingin sebentar. Minumlah teh ini 2-3 kali sehari. Anda juga bisa mengunyah biji adas.

3. Bawang putih
Bawang putih merupakan makanan super dan membantu menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Bawang putih mengandung sifat laktogenik dan membantu meningkatkan pasokan ASI. Bahan: sedikit siung bawang putih kupas

Cara membuatnya: Cara paling mudah untuk memiliki cengkeh adalah membuat pasta dan menambahkannya ke dalam makanan Anda. Anda juga bisa mengunyah beberapa siung bawang putih jika Anda bisa menahan baunya.

4. Kayu manis
Kayu manis digunakan dalam masakan yang berbeda untuk meningkatkan rasanya. Ibu yang menderita kekurangan pasokan susu dapat menggunakan ramuan ini untuk meningkatkan alirannya. Cara membuatnya: Anda bisa menambahkannya ke makanan atau teh Anda.

5. Susu almond
Susu almond dikemas dengan asam lemak omega-3, almond sangat baik untuk ibu baru. Seorang ibu menyusui harus mengkonsumsi susu almond secara teratur untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ASInya.

Untuk kelancaran memberi ASI ada juga tips yang bisa dilakukan ibu baru. Selain menikmati makanan di atas, coba juga cara lainnya. Misalnya, pijat payudara untuk menambah pasokan ASI, jangan gunakan bra yang ketat. Pakailah pakaian yang longgar, dan minum banyak cairan.


Sumber: Sindonews.com

Pos terkait