Tontowi Ahmad Resmi Umumkan Gantung Raket

  • Whatsapp
tontowi ahmad pensiun
Tontowi Ahmad. Foto : Tempo.co

JAKARTA – Pemain bulu tangkis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad pensiun dari olahraga yang telah membesarkan namanya. Atlet berusia 32 itu mengumumkan secara resmi pengunduran diri melalui akun Instagram pribadinya.

“Ini saatnya mengucapkan selamat tinggal untuk sesuatu yang saya tekuni lebih dari setengah umur saya, yang membuat hidupku menjadi lebih berwarna, kadang susah, kadang senang, tapi saya bangga dengan apa sudah saya capai,” tulis Tontowi, Senin (18/5).

Bacaan Lainnya

Atlet yang berasal dari klub PB Djarum ini menyebut telah meraih puncak prestasi selama berkiprah di olah raga tepok bulu ini. Namun pengumuman diri pensiun di luar ekspektasinya yang ingin menutup karir dengan gelar juara.

“Memang saya mengharapkan saya bisa menyudahi ini di puncak podium tapi inilah hidup tidak selalu ada yang kita inginkan bisa tercapai seperti situasi dan kondisi saat ini, tapi apa pun yang terjadi saya sangat bersyukur bisa berada di posisi saya sekarang ini,” katanya.

Atlet yang akrab disapa Owi ini juga mengucapkan terima kasih bagi seluruh pihak yang telah mendukung selama berkarier di bulu tangkis. “Saya juga mau berterima kasih untuk semua yang sudah mendukung karier saya di bulu tangkis selama ini, yang tidak bisa saya sebut satu per satu dan sekarang waktunya saya melanjutkan hidup, meraih kesuksesan di bidang lain,” tulis dia.

Rumor bakal pensiunnya peraih medali emas Olimpiade 2016 itu telah merebak sejak Februari lalu. Saat dikonfirmasi, Owi mengatakan belum bisa berbicara banyak perihal rencananya mundur dari pemusatan latihan nasional (Pelatnas) Cipayung pada Maret 2020.

Ketika itu, atlet kelahiran Banyumas ini mengatakan baru mengkomunikasikan rencana itu kepada pelatih kepala Richard Mainaky melalui pesan whatsapp. “Kalau suratnya resmi saya ajuin, saya mungkin baru bisa bicara,” kata dia kepada Tempo, Kamis, 27 Februari 2020.

Tontowi pada saat itu mengatakan baru akan membahasnya ketika bertemu dengan Richard Mainaky. Ia juga akan berkomunikasi dengan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Susy Susanti sebelum memutuskan karier di bulu tangkis. “Belum ngomong sama Bu Susi juga, PBSI juga, baru rencana,” kata dia.

Sejak berpisah dengan Lilyana Natsir yang memilih pensiun usai Indonesia Masters 2019, Tontowi belum bisa menorehkan kembali prestasi di BWF World Tour 2019. Bertandem dengan Winny Oktavina Kandow prestasi terbaiknya mencapai perempat final All England dan Indonesia Open.

Memasuki tahun 2020, Tontowi dan Winny dipisahkan. Ia lalu berpasangan dengan Apriyani Rahayu yang lebih dikenal sebagai pemain ganda putri. Pasangan ini mampu mencapai Babak Kedua Indonesia Masters 2020.

Pos terkait