TPIG Muara Batu Kembangankan Potensi Ekonomi Kreatif Menuju Gampong Mandiri

  • Whatsapp
Tim Pelaksana Inovasi Gampong (TPIG) Muara Batu melaksanakan bursa inovasi desa Kecamatan Muara Batu tahun 2019, yang digelar di Aula Kantor Camat Muara Batu, Aceh Utara, Kamis (22/8). Foto: Rahmat Mirza - Kanalinspirasi.com

ACEH UTARA – Tim Pelaksana Inovasi Gampong (TPIG) Muara Batu melaksanakan bursa inovasi desa Kecamatan Muara Batu tahun 2019, yang digelar di Aula Kantor Camat Muara Batu, Aceh Utara, Kamis (22/8).

Kegiatan itu mengusung tema “Dengan kegiatan bursa inovasi desa mari kita raih kemajuan ekonomi, dengan memanfaatkan seluruh potensi menuju gampong yang mandiri, pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan berkembangnya kewirausahaan desa”, yang diikuti 24 gampong terdiri dari kepala desa (geuchik), ketua tuha peut, direktur BUMG, Muspika, serta sejumlah organisasi kemasyarakatan lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam bursa inovasi desa itu juga ditampilkan beberapa hasil produk gampong, yakni kerupuk ikan bandeng, Keumamah Tabur, (Gampong Meunasah Drang), tas kerajinan tangan khas Aceh (Gampong Ule Madon dan Meunasah Aron), Kecamatan Muara Batu.

Camat Muara Batu Andri mengatakan, sebagian gampong di kecamatan ini memang sudah ada yang menghasilkan produk unggulan, tetapi sebagiannya lagi masih banyak mengalokasikan dana desa (DD) di bidang pembangunan atau infrastruktur.

Maka ini juga merupakan tugas para stakeholder lainnya yang ada di Kecamatan Muara Batu bagaimana memberikan pemahaman kepada aparatur gampong, agar kiranya ada keseimbangan antara pembangunan fisik dengan pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan anggaran dana desa.

“Dengan adanya program inovasi desa seperti ini, tentunya kami lebih teliti dalam rangka membatu program atau kegiatan tersebut. Dalam bursa ini ditampilkan tas kerajinan Aceh dan juga produk usaha dalam bentuk kuliner, mungkin itu salah satu potensi yang ada di tempat kami (Kecamatan Muara Batu), akan tetapi kami sekarang juga sedang mendata usaha-usaha lainnya yang mungkin tidak masuk di dalam bursa inovasi tersebut,” ujar Andri.

Untuk itu, lanjut Andri, diharapkan ke depan khususnya aparatur desa di Kecamatan Muara Batu, untuk dapat memanfaatkan dana desa (DD) tahun 2020 itu harus ada kesembangan antara pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Jadi, jangan terlalu tinggi di bidang infrastruktur dan rendah dalam segi peningkatan pemberdayaan ekonomi tersebut.

Ketua Panitia BID-PID Kecamatan Muara Batu Mulyadi mengatakan, bursa ini bertujuan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan menjadi solusi bagi penyelesaian masalah, atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

“Karena kegiatan yang dipamerkan dalam bursa inovasi ini yang bernilai inovatif dalam pembangunan desa. Artinya produk yang dihasilkan dari ide-ide kreatif berdasarkan potensi desa masing-masing khususnya di Kecamatan Muara Batu,” kata Mulyadi. (*)

Pos terkait