Tradisi Takbiran Seribu Obor di Toweren Aceh Tengah, Saat Pemkab Tidak Gelar Pawai Takbir

  • Whatsapp
Pawai Takbir Seribu Obor Aceh Tengah
Tradis Pawai Takbir Seribu Obor Kampung Toweren, Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah. Foto: KBRN

ACEH TENGAH – Walau tidak dilaksanakan di tingkat kabupaten, namun pawai takbir tetap dilaksanakan warga Takengon ditingkat desa.

Seperti yang dilaksanakan pemuda Kampung Toweren, Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah yang melakukan tradisi takbir keliling menggunakan obor bambu, Sabtu (11/8) malam. Pawai dimulai bakda salat Insya. Pawai itu dilakukan dengan mengelilingi kampung Toweren.

Bacaan Lainnya

Ketua Panitia kegiatan, Karimi mengatakan, pawai obor ini dilaksanakan oleh para warga setempat. anak-anak dan remaja. Pemuda Kampung Toweren menyediakan 1000 obor bambu yang dibagikan gratis kepada seluruh anak anak serta masyarakat yang ikut berpartisipasi.

“Pawai obor di desanya sudah dilakukan secara turun-temurun. Namun sempat absen beberapa tahun belakangan karena beberapa kendala. Lebaran Idul Fitri kemarin kita mulai lagi dan lebaran idul Adha ini,” kata Karimi, seperti dikutip dari KBRN.

Karimi juga menyampaikan apresiasi antusias warga kampung dalam menyukseskan takbir obor keliling yang sukses terlaksana dengan tertib dan aman.

“Pawai takbir obor ini juga untuk mengantisipasi terjadinya kenakalan remaja di malam Idul Adha,” ujar Karimi.(*)

Pos terkait