UEA Tetap Dukung Palestina

  • Whatsapp
Bendera Uni Emirat Arab. Foto : Ist

DUBAI – Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Abdullah bin Zayed Al Nahyan, menyatakan tetap mendukung perjuangan dan kemerdekaan Palestina sebagai sebuah negara. Perjanjian damai negaranya dengan Israel disebutnya tidak menghentikan negaranya mendukung rakyat Palestina.

Pernyataanya ini diungkapkan dalam konferensi pers dengan komunitas Palestina di UEA pada Senin (31/8). Dalam sebuah tayangan video, Sheikh Abdullah mengekspresikan kebahagiaannya saat berbicara kepada komunitas Palestina di UEA.

Bacaan Lainnya

“Kami bangga melihat kisah sukses saudara-saudara Palestina, banyak kisah inspiratif yang bisa kami dapatkan dari negara Palestina di masa lalu, dan telah berkontribusi pada perkembangan dan kemajuan bangsa kita,” ujar Sheikh Abdullah dilansir dari Khaleej Times, Selasa (1/9).

Menteri Abdullah juga mengaku bangga dengan berdirinya komunitas Emirat-Palestina. Menurutnya, munculnya komunitas ini mencerminkan ikatan persaudaraan yang begitu erat bagi kedua negara.

Ikatan itu, ia tegaskan, tidak akan dirusak dengan perjanjian damai yang dilakukan UEA dengan Israel. Keputusan berdaulat tersebut menurutnya, memberikan masa depan yang damai di wilayah tersebut.

“Saya jamin Anda tinggal di tanah air kedua Anda. Saya jamin lagi ikatan tak tergoyahkan antara UEA dan Palestina ini akan tetap ada, solid dan tidak akan pernah berubah,” ujar Sheikh Abdullah.

UEA sama seperti negara- negara Arab lainnya. UEA terus dan akan tetap menudukung perjuangan Palestina untuk merdeka dan menjadikan Yerusalem sebagai ibu kota negara Palestina.

Akan tetapi, keputusan UEA menormalisasi hubungan dengan Israel sebagai kebutuhan strategis yang diperlukan kawasannya. Selain itu, kebutuhan strategis tersebut juga ia tegaskan tidak akan mengorbankan dukungannya untuk perjuangan Palestina.

Mereka juga menekankan UEA akan tetap menjadi tanah air kedua warga Palestina, yang menampung mereka dan memberi mereka kesempatan untuk berkontribusi dalam upaya pembangunan bangsanya.

Pos terkait