Wakil Walikota Solo Positif Covid-19

  • Whatsapp
Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo positif terinfeksi virus corona usai dua kali tes swab PCR yang dia lakukan tak lama setelah bertemu Presiden Jokowi. Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo. Foto : CNN Indonesia

SOLO – Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo dikabarkan positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Saat ini Purnomo menjalani karantina mandiri di kediamannya karena tidak merasakan gejala sama sekali.

Informasi tersebut awalnya beredar di kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solo.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo kemudian membenarkan politikus PDIP itu positif. Dia mengatakan Purnomo diketahui positif Covid-19 setelah dua kali menjalani uji swab dengan metode RT-PCR.

“Hasil yang pertama memang masih abu-abu antara positif dan negatif. Tapi hasil tes kedua positif,” kata Rudy saat dihubungi melalui telepon, Jumat (24/7).

Rudy mengimbau agar pejabat dan pegawai pemerintah yang pernah kontak dengan Purnomo tidak panik. Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tengah melakukan contact tracing dengan mendata orang-orang yang pernah kontak langsung dengan Purnomo untuk menjalani tes PCR. Rudy sendiri dijadwalkan tes swab, Sabtu (25/7) besok.

“Enggak usah takut, enggak boleh stres. Saya juga sama. Kemarin malah waktu rapat virtual dengan camat dan lurah se-Solo saya duduk bersebelahan dengan Pak Purnomo,” katanya.

Dihubungi terpisah, Purnomo menjelaskan tes swab pertama dilakukan Jumat (17/7) atau sehari setelah ia bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta. Purnomo bertemu Jokowi menjelang pengumuman PDIP mengusung putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon Wali Kota di Pilwalkot Solo 2020.

Sehari kemudian, atau Sabtu (18/7), ia mengikuti tes PCR lagi atas arahan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surakarta. Dua kali tes itu dilakukan di rumahnya di Jalan Bhayangkara No 23, Kelurahan Panularan, Kecamatan Serengan, Solo.

“Yang pertama itu negatif. Yang kedua kok katanya cenderung positif. Saya nggak berani cerita. Langsung ke Dinas Kesehatan saja,” katanya.

Selama sepekan terakhir, ia sempat menghadiri beberapa agenda, di antaranya rapat paripurna dengan DPRD Kota Solo pada Rabu (22/7) dan rapat dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo Kamis (23/7). Setelah mengikuti rapat dengan OJK, Purnomo baru menerima kabar tersebut.

“Setelah dapat informasi itu saya langsung karantina mandiri di rumah. Saya merasa sehat sekali kok. Tidak ada keluhan. Tapi enggak tahu. Ya supaya hati-hati saja,” katanya.

Pos terkait