Wali Kota Dukung Pertumbuhan UMKM di Banda Aceh

  • Whatsapp
aminullah usman

BANDA ACEH – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman memastikan Pemko Banda Aceh siap mendukung tumbuh dan berkembangnya UMKM di Banda Aceh. Aminullah juga menegaskan Pemko siap membantu memasarkan produk-produk unggulan dari karya para perajin UMKM.

Hal ini disampaikan Wali Kota saat membuka pasar murah, Sabtu (20/4) di halaman pusat perbelanjaan Barata Banda Aceh.

Bacaan Lainnya

Di pasar murah yang digelar Pemko melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan bukan hanya menyediakan barang pokok bagi kebutuhan masyarakat kota jelang Ramadhan, di lokasi juga disediakan space bagi UMKM menjual produk mereka. Pemko memfasilitasi lokasi bagi para komunitas UMKM menjual sejumlah produk karya perajin, seperti aneka kuliner, fashion, handycraft, dan lainnya.

Ada 100 produk UMKM yang dijual dari di pasar murah. Wali Kota sendiri berkesempatan melihat langsung dan ikut berbelanja produk-produk unggulan tersebut.

Dalam kesempatan ini sosok yang juga Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Aceh ini mengungkapkan rasa kebanggaannya terhadap perkembangan UMKM di Banda Aceh. Wali Kota mengatakan Pemko mendukung penuh dan akan terus mendorong UMKM terus berkembang di Banda Aceh.

Menurut Wali Kota, dengan terus tumbuh dan berkembangnya sektor UMKM akan berdampak pada menurunnya angka pengangguran dan kemiskinan.

“Kenapa kita dorong UMKM, karena kita ingin menurunkan angka pengangguran. Dalam dua tahun sudah turun menjadi 7,29% dari angka 12%. Untuk kedepan kita ingin menurunkan hingga dibawah 3%,” ungkap Wali Kota.

Aminullah juga menyampaikan, berkembangnya UMKM memiliki keterkaitan dengan sekor wisata. Semakin tinggi kunjungan wisata maka akan semakin besar peluang yang bisa didapatkan para perajin lokal.

“Jadi Saya minta, teman-teman UMKM juga ikut mempromosikan Banda Aceh. Karena dampaknya juga akan dirasakan UMKM juga. Ketika banyak yang berkunjung kesini, pasti mereka akan membelanjakan uangnya, seperti untuk souvenir dan oleh-oleh,” kata Aminullah.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota juga meminta komunitas yang dipimpin Yudi Hidayat ini dapat membuat program-program yang membuat para perajin terus berinovasi.

“Misalnya buat program lomba produk UMKM, juaranya akan mendapatkan piala Wali Kota dan uang pembinaan berupa modal usaha. Kita akan mendukung itu,” pinta Aminullah.

Warga Kota Antusias Belanja di Pasar Murah

Pasar murah hari pertama yang dibuka Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman di halaman pusat perbelanjaan Barata Banda Aceh mendapatkan antusiasme tinggi dari masyarakat kota.

Warga yang ingin berbelanja sudah terlihat memadati lokasi dan mulai antri saat Wali Kota menyampaikan sambutan membuka acara ini.

Melihat antusias tinggi dari warganya, Aminullah mengatakan Pemko Banda Aceh akan menambah alokasi untuk subsidi tahun depan.

“Saya lihat antusias warga sangat tinggi. Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan tolong tambah alokasi untuk subsidi tahun depan. Kalau antusias warga seperti ini, perlu kita tambah subsidi tiga kali lipat untuk tahun depan,” pinta Aminullah kepada Kadis Koperasi, UMK dan Perdagangan Kota, T Iwan Kesuma yang juga hadir di lokasi acara.

Untuk diketahui, pasar murah yang digelar Pemko Banda Aceh dalam rangka menyambut bulan Ramadhan menyediakan sejumlah barang pokok, seperti gula pasir, minyak goreng spesial kemasan, tepung dan telur dengan harga lebih murah dari harga pasar.

Kata Wali Kota, pasar murah ini digelar untuk menekan kenaikan harga barang pokok yang cenderung naik jelang bulan puasa.

“Ada indikasi jelang puasa harga barang pokok naik. Kita buat pasar murah ini untuk mengendalikan harga dan membantu meringankan masyarakat kota memenuhi kebutuhan pokok untuk persiapan memasuki bulan puasa,” jelas Wali Kota.

Pantauan di lapangan, setelah disubsidi, warga bisa menebus gula pasir dengan harga Rp.11000/kg, tepung Rp.6500/kg dan minyak goreng spesial kemasan isi 2 liter dengan harga Rp.24000. Sedangkan telur dapat ditebus oleh masyarakat dengan harga Rp.31000 per papannya karena telah disubsidi 200 per butir.

Selain di halaman Barata, pasar murah juga akan digelar di dua lokasi lainnya, yakni Minggu tanggal 21 April di halaman masjid Baitussalihin Ulee Kareng dan Senin tanggal 22 April di depan Taman Makam Pahlawan Kecamatan Baiturrahman.

Berikut Jadwal dan lokasi pasar murah selanjutnya.

  • Tanggal 21 April 2019, pukul 09.00 Wib s/d 15.30 Wib di Halaman Masjid Baitussalihin Ulee Kareng
  • Tanggal 22 April 2019, pukul 09.00 Wib s/d 15.30 Wib di depan Taman Makam Pahlawan

Jenis Barang Pokok yang disediakan:

  1. Telur ayam, telah disubsidi Rp.200/butir
  2. Gula pasir, telah disubsidi Rp.1500/kg
  3. Tepung terigu, telah disubsidi Rp.1500/kg
  4. Minyak goreng kemasan, telah disubsidi Rp.1500/liter.

(rel)

Pos terkait