Warga Sabang diminta Setia Kepada Pancasila

  • Whatsapp

SABANG – Warga Kota Sabang diminta untuk lebih meningkatkan dan menggugah kembali rasa nasionalisme, cinta tanah air, setia kepada Pancasila dan UUD 1945 serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Mari kita menghidupkan kembali semangat kebangsaan, mendorong terwujudnya hidup yang harmonis, menjaga keutuhan bangsa serta mampu mendorong pencapaian tujuan nasional,” kata Wali Kota Sabang Nazaruddin di Sabang, Kamis.

Bacaan Lainnya

Pernyataan itu disampaikan Wali Kota Sabang dalam sambutan yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi Faisal dalam kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di Aula Bappeda Kota Sabang.

Dia menjelaskan setiap elemen bangsa hendaknya dalam diri mereka memiliki semangat kebangsaan dengan cita-cita dan tujuan yang sama tentang persatuan dan kesatuan bangsa.

Kata dia, setiap warga negara harus terpatri hasrat dan tekad untuk hidup damai dan bersatu sebagai satu bangsa di dalam suatu negara, terlepas dari perbedaan etnis, ras, agama, dan golongan yang harus di tempatkan di atas segala bentuk perbedaan.

“Kepada para peserta kami juga mengharapkan agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga apa yang kita cita-citakan dapat terwujud dan memberikan banyak manfaat bagi kemajuan bangsa,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Sabang Fathimah Zainab mengatakan kegiatan itu digelar sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 71 Tahun 2012 tentang pedoman pendidikan wawasan kebangsaan.

Pelaksana menghadirkan 40 peserta yang terdiri dari unsur masyarakat gampong atau desa seluruh Kota Sabang. Tujuannya guna menghidupkan kembali semangat kebangsaan, mendorong hidup yang harmonis, menjaga keutuhan bangsa serta mendorong pencapaian cita-cita tujuan nasional.

“Kami bermaksud agar masyarakat Kota Sabang menyadari pentingnya hidup bersama sebagai bangsa atas dasar kesamaan hak dan kewajiban didepan hukum,” katanya.

Kegiatan itu juga mengikuti protokol kesehatan pencegahan COVID-19, meliputi memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan atau 3M.

Narasumber yang mengisi kegiatan itu seperti Kasdim 0112/Sabang Mayor Inf Muhammad Solikhin berbicara tentang  wawasan kebangsaan untuk mewujudkan warga negara yang berkarakter untuk menjaga keutuhan NKRI.

Wakil Ketua KNPI Kota Sabang Albina yang menjelaskan peran pemuda dalam menata bangsa dari masa ke masa. Serta Kasi Ketenagaan Dinas Kesehatan Kota Sabang Mursalin yang mengulas tentang gerakan masyarakat hidup sehat.

Pos terkait