Wartawan Kecewa, Diundang PJ Wali Kota Banda Aceh untuk Dengar Pidato Tanpa Kesempatan Bertanya

  • Bagikan

Kanalinspirasi.com, BANDA ACEH – Kecewa, itulah yang dirasakan para wartawan yang menghadiri undangan pertemuan dengan Pejabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq, di Pendopo Wali Kota Banda Aceh, Jumat (12/08/2022) pagi.

Kekecewaan para wartawan disebabkan tidak diberikan kesempatan untuk mempertanyakan sejumlah persoalan kepada orang nomor satu di Banda Aceh itu, dalam acara bertajuk “silaturrahmi bersama Pj Wali Kota Banda Aceh” sesuai tertulis dalam undangan.

Azhari, salahseorang wartawan senior Aceh mengatakan, seharusnya Pj wali kota memberikan kesempatan kepada wartawan yang hadir untuk mempertanyakan sejumlah persoalan yang terjadi di Banda Aceh.

“Setiap wartawan yang ingin meliput suatu kegiatan pasti sudah menyiapkan berbagai pertanyaan untuk ditanyakan kepada pak Pj Wali Kota,” katanya.

Menurut Azhari, di era keterbukaan informasi ini, pejabat tidak perlu takut untuk memberikan informasi kepada wartawan.

“Indek Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) Aceh tahun 2021 berada pada nomor empat secara nasional, jadi soal informasi jangan takut untuk menyampaikan kepada wartawan,” lanjutnya.

Azhari meminta kepada Pemko Banda Aceh kalau membuat kegiatan temu pers harus ada kesempatan kepada wartawan untuk bertanya, bukan hanya datang untuk mendengarkan pidato.

“Hari ini Banda Aceh dikepung dengan berbagai masalah, pj harus terbuka sejauh mana sudah permasalah itu, mulai dari utang pemko dan persoalan lainnya,” tegas Azhari

Acara pertemuan Pj Wali Kota Banda Aceh dengan Wartawan dihadiri sejumlah ketua organisasi pers ikut diundang, seperti Ketua PWI Aceh, Ketua AJI Aceh, Ketua IJTI Aceh, Ketua JMSI Aceh, Ketua AMSI Aceh, Ketua Forum Jurnalis Aceh (FJA), Ketua PFI Aceh, Ketua SMSI Aceh, pimpinan redaksi media massa dan wartawan.

Turut hadir Sekretaris Daerah Pemko Banda Aceh, Amiruddin, para asisten dan Kepala Satuan Kerja Pemerintah Kota (SKPK) Kota Banda Aceh.

Kegiatan itu dimulai dengan kata sambutan Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq, setelah itu dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin.

Setelah keduanya menyampaikan kata sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan foto dan makan bersama.

Menanggapi kekecewaan rekan-rekan wartawan, Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin menjelaskan, kegiatan kali hanya silutarahmi sebagai pertemuan perdana antara PJ Wali Kota Banda Aceh dengan wartawan.

“Atas permintaan Bapak Penjabat Wali Kota, untuk pertemuan kali ini hanya untuk silaturahmi, dan kita menghormati keinginan tuan rumah,” jelasnya.

Nasir Nurdin menyatakan dirinya memahani semua rekawan wartawan termasuk dirinya sangat ingin menggunakan kesemopatan bertemu Pj Wali Kota untuk menanyakan berbagai persoalan, Seperti persoalan Persiraja, isu devisit anggaran dan lain-lain.

“Saya sempat mempertanyakan hal tersebut saat duduk berdampingan Pak Wali Kota, namun beliau menjanjikan akan ada pertemuan di waktu lain yang akan disediakan kepada rekan wartawan,” jelas Nasir Nurdin, Ketua PWI Aceh.(*)

.(*)

  • Bagikan
Exit mobile version