Yuk Kenal Lebih Dekat Dengan Capt Vincent Raditya

  • Whatsapp
capt vincent raditya
Capt Vincent Raditya. Foto: Ist

JAKARTA – Bagi anda pecinta dunia aviasi atau lebih dikenal dengan dunia penerbangan, pasti anda tidak asing lagi dengan salah seorang pilot yang satu ini. Ya, Capt Vincent Raditya adalah seorang pilot sekaligus Youtuber yang beberapa bulan ini pernah viral dengan konten youtube-nya sempat berkalobarasi dengan Master Limbad. Ia berhasil membuat pesulap Master Limbad mengeluarkan suaranya saat berada di ketinggian 1500 meter.

Dikutip melalui halaman Wikipedia, Capt Vincent Raditya lahir di Jakarta, 7 November 1984 saat ini berumur (34 tahun), adalah seorang pilot dan vlogger asal Indonesia. Ia memulai kariernya sebagai pilot maskapai penerbangan dengan rating Airbus A320 sejak 2010. Ia gemar gemar merekam seputar dunia penerbangan melalui vlog di akun YouTube-nya.

Bacaan Lainnya

Vincent sendiri menikah dengan Vegen Acni yang memberikannya 2 orang anak, sebelum akhirnya menikah dengan Novita Condro yang memberikannya 1 orang anak. Selain memiliki pesawat, Vincent Raditya juga mampu mengendarai dan memiliki kapal sendiri terlihat dari video kolaborasi yang diunggah di channel Youtube Ria Ricis.

Tak hanya di udara dan di laut, Vincent juga sering berkolaborasi dengan youtuber otomotif dan membuat konten di darat.

Karir sebagai Pilot
Sebagai seorang pilot dengan rating Airbus A320, ia berkarier pada maskapai penerbangan berikut:
Batavia Air 2010 – 2012
Citilink 2012 – 2014
Batik Air 2014 – sekarang

Adapun Video yang Viral di Channel Youtube-nya antara lain:

Gempa Bumi dan Tsunami Palu 2018
Pada tanggal 28 September 2018, pagi hari tepat sebelum Gempa bumi dan tsunami Sulawesi 2018, ia sempat melakukan siaran di Tower Pemandu Lalu Lintas Udara di Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie, Palu.

Kecelakaan Lion Air JT-610
Saat terjadi kecelakaan Lion Air Penerbangan 610 pada 29 Oktober 2018, ia membongkar kondisi maintenance atau pemeliharaan pesawat di Lion Grup karena banyak mendapat pertanyaan terkait keamanan terbang dengan maskapai Lion Air dan beberapa rekannya mengontaknya karena kejadian tersebut mengubah tiket Lion Air ke tiket Batik Air.

Beli Pesawat dari Hasil Youtube
Pada 10 Maret 2019, Vincent membuat video membeli pesawat Cessna 172 dari hasil youtube saat jumlah subscriber mencapai 1,2 juta dan menjadikan dia sebagai youtuber pilot dengan subscriber terbanyak di dunia.

Limbad Buka Suara
Pada 13 April 2019, ia mengunggah video Youtube pesulap master Limbad buka suara setelah dijahili dengan manuver zero gravity pada pesawat Cessna 172 yang dibelinya dari hasil Youtube.

Konflik dengan Deddy Corbuzier
Pada awal bulan Mei 2019, terjadi konflik antara Vincent Raditya dan Deddy Corbuzier karena manuver zero gravity dianggap berbahaya oleh Deddy. Video-video klarifikasi terus diunggah bergantian oleh kedua belah pihak hingga berujung kepada dicabutnya lisensi izin terbang Capt. Vincent.

Lisensi Terbang Dicabut
Pada 21 Mei 2019, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub) mencabut lisensi izin terbang untuk pesawat ringan bermesin tunggal milik Capt. Vincent karena tidak menggunakan shoulder harness, memberikan kontrol pesawat kepada pihak yang tidak berwenang, dan melakukan manuver zero gravity.

Pos terkait