Yunani-Turki Siap Berunding

  • Whatsapp
Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu. Foto : AP

ANKARA – Turki siap menggelar perundingan dengan Yunani untuk meredakan ketegangan kedua negara tersebut di Laut Tengah.  Usai bertemu dengan Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Mass, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan Yunani harus menghentikan apa yang ia sebut ‘permintaan maksimal’.

“Kami terbuka untuk menggelar perundingan tanpa syarat, tapi ketika salah satu pihak mulai menerapkan syarat, maka akan banyak hal yang kami kedepankan,” kata Cavusoglu  dilansir dari Voice of America, Rabu (26/8).

Bacaan Lainnya

Mass siap menjadi perunding antara Turki dan Yunani.

Dendias mengatakan negaranya bersedia berunding dengan Turki tapi tidak ‘dibawah ancaman’. Ia mengatakan Yunani akan mempertahankan haknya.

Dendias mengatakan perselisihan antara Yunani dengan Turki termasuk urusan keamanan di seluruh Uni Eropa.

“Situasinya sangat berisiko, karena pada akhirnya, siapa pun bergerak mendekat dan mendekati jurang, pada titik tertentu akan jatuh, itu perkembangan yang ingin kami hindari,” kata Mass.

Baik Yunani maupun Turki mengatakan mereka akan menggelar latihan militer di Laut Tengah. Jerman yang saat ini menjabat sebagai presiden Uni Eropa, mencoba menengahi ketegangan antara Yunani yang anggota Uni Eropa dan Turki yang belum anggota tapi ingin masuk ke dalam blok tersebut.

Kedua negara tersebut terlibat dalam perebutan hak untuk mengeksplorasi minyak dan gas di wilayah yang kaya sumber daya alam tersebut.

Yunani mengklaim kapal penelitian Turki berlayar di Zona Ekonomi Eksklusif  (ZEE) mereka. Sementara Turki bersikeras ZEE pulau-pulau Yunani di Agea yang terletak dekat pantai Turki harus dikurangi.

Pos terkait